18 Khasiat Dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan 18 Khasiat dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan


Kandungan gizi

Pohon jambu mete ialah yang mana buahnya dianggap sebagai makanan lezat semenjak kurun ke-16 sudah diperkenalkan Portugis kepada beberapa negara, yang hingga kini masih dibudidayakan. Apa yang kita sebut kacang mete  ini kaya akan zat besi, fosfor, selenium, magnesium dan seng. Mereka juga sumber yang baik fitokimia, antioksidan, dan protein

Tentang Kacang Mete

Pohon jambu mete merupakan tumbuhan orisinil hutan hujan Amazon Brasil yang tersebar di seluruh dunia oleh penjelajah Portugis. Sampai ketika ini, kacang mete sudah dibudidayakan secara komersial di Brasil, Vietnam dan India dan di banyak negara Afrika. Ki acang mete berukuran sekitar 1/ 2 inci dengan diameter bentuk yang ibarat ginjal, ujung halus dan runcing melengkung.


Jenis kacang-kacangan merupakan salah satu jenis kuliner sehat yang banyak digemari, salah satunya terdapat pada manfaat kacang mete. Kacang mete mempunyai rasa yang gurih dengan kombinasi anggun yang membuatnya sangat cocok untuk bunbu salad mirip pada kuliner gado-gado.  Nama Mete atau “caju” dalam bahasa Portugis ialah salah satu materi terkenal yang anggun dan gurih pada kuliner di seluruh dunia.


Nah beginilah khasiat dan Manfaat Kacang Mete


Menurunkan Depresi

Kacang mete mempunyai kandungan asam amino L-triptofan yang sanggup merangsang serotonin di otak. Kehadiran serotonin telah terbukti sanggup memengaruhi suasana hati dan bisa mengurangi rasa murung yang dialami.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Kacang Mete bermacam-macam alasannya ialah mempunyai Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kacang mete sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dua komponen nutrisi tersebut sangat berperan dalam mengurangi risiko terkena penyakit katarak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium dalam kacang mete sama halnya dengan fungsi kalsium. Yaitu mempunyai kegunaan untuk memperkuat tulang. Magnesium berperan sebagai zat penyusun tulang yang berfungsi menggabungkan kolagen dan elastin, hal terebut juga dibantu dengan adanya tembaga zinc, sehingga memperlihatkan substansi dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi.

Baik Untuk Kesehatan Saraf

kacang mete mengandung magnesium yang sanggup menciptakan saraf lebih rileks. Dengan demikian pembuluh darah dan otot juga akan lebih terlihat santai. Terlalu sedikit magnesium di dalam badan akan menimbulkan terlalu banyaknya kalsium yang masuk ke sel saraf, sehingga sanggup menimbulkan terlalu banyak kontraksi.

Manfaat Kacang Mete sanggup Mencegah Batu Empedu

Setelah diteliti selama berpuluh-puluh tahun, ternyata mengkonsumsi kacang mete sanggup mengatasi watu empedu. Studi ini dilakukan oleh Nurses Health Study, mereka menemukan dari 80.000 perempuan memperlihatkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi setidaknya 1 ons kacang mete atau selai kacang setiap ahad mempunyai risiko 25% lebih rendah terkena watu empedu.

Di dalam 1 Ons kacang mete terdapat sekitar 2 sendok makan. Dengan mengkonsumsi kacang mete secara rutin sangat baik untuk pencegahan watu empedu, demi kesehatan kita dan keluarga kita di masa depan.

Menyehatkan Jantung

Kacang mete mempunyai kandungan asam oleat yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat bekerja membantu mengurangi tingkat trigliserida yang berkenaan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga sanggup membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler dan jantung koroner. Kandungan magnesiumnya sanggup membantu mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Mengontrol Berat Badan

Kandungan lemak dalam kacang mete juga sangat tinggi. Namun lemak yang terdapat di dalam kacang mete merupakan jenis lemak yang baik untuk badan (HDL). Selain itu, kandungan lemak dalam kacang mete lebih rendah dibandingkan dengan kacang almond, tanah, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Manfaat Kacang Mete sanggup Mencegah Terjadinya Kanker

Kacang mete juga mempunyai kandungan proanthocyanidins, yang salah satu jenisnya ialah zat flavanol, yaitu zat yang sanggup menghentikan pertumbuhan tumor dan menghentikan perkembangbiakan sel-sel kanker. Dalam sebuah studi, memperlihatkan bahwa kacang mete sanggup mengurangi risiko kanker usus.

Sebagaimana telah disebutkan, hal tersebut alasannya ialah kacang mete mempunyai kadar tembaga yang sangat tinggi, selain itu kacang mete juga sanggup menghilangkan radikal bebas, sebagai sumber phytochemical dan antioksidan yang melindungi badan dari penyakit kanker dan jantung.

Merawat Rambut Dan Kesehatan Kulit

Kacang mete juga kaya akan tembaga dan mineral, yaitu suatu komponen penting untuk mengatur produksi enzim dan tembaga. Dalam satu enzim yang mengandung tembaga terdapat tirosinase, tirosin berfungsi untuk mengkonversi ke melanin yaitu pigmen yang menjaga kesehatan kulit dan warna rambut.

Meningkatkan Stamina

Kandungan kalori dalam kacang mete/mede sangat tinggi, sehingga sanggup menjadi nutrisi yang sangat baik bagi kita yang kekurangan energi. Kalori merupakan sumber energi utama yang sanggup meningkatkan energi dan stamina untuk beraktivitas.


Khasiat dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan 18 Khasiat dan Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan




Nah itulah sederet khasiat dan manfaat dari Kacang Mete Untuk Kesehatan kalian, supaya artikel ini bermanfaat dan tetap utamakan kesehatan kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Janin Usia 4 Bulan Sebesar Apa ? Pengen Tau, Yuk Simak Artikel Berikut Ini (+ Video )

10000 Kumpulan Manfaat Dari Banyak Sekali Makanan , Minuman , Buah , Sayuran Dan Flora Alami

30+ Manfaat Lele Dumbo Untuk Badan Lengkap Beserta Klarifikasi Kandungan Nutrisinya